665 Anak dan Balita Terpapar Covid-19, Anies Baswedan Wanti-wanti Orang Tua Tak Biarkan Anak Bermain di Luar Rumah

Selasa, 22 Juni 2021 17:50

Warga berjalan di dekat spanduk peringatan Zona Merah di Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makassar Jakarta, Jumat (5...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Sebanyak 224 balita di DKI Jakarta terpapar Covid-19. Gubernur Anies Baswedan menduga hal itu merupakan dampak varian baru virus Covid-19.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada mulanya bicara soal Jakarta mencetak penambahan kasus Covid-19 per 20 Juni mencapai 5.582 orang. Dari ribuan warga DKI Jakarta yang terpapar Covid-19, sebanyak 16 persen di antaranya anak-anak.

“Tapi yang mengkhawatirkan, ini perlu perhatian khusus bahwa Minggu lalu kita alami kasus harian tertinggi, yaitu 5.582 kasus baru. Dari angka itu, 665 anak usia 5-18 tahun dan 224 adalah kasus anak di bawah 5 tahun, balita,” katanya.

“Jadi 16 persen dari kenaikan kasus adalah anak-anak,” kata Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (22/6). Anies memandang situasi wabah Covid-19 saat ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena ada varian baru.

Menurutnya, jenis virus Covid-19 ini lebih cepat menular terhadap anak-anak. “Artinya, kita menghadapi situasi wabah yang berbeda dengan awal tahun kemarin. Besar kemungkinan adalah varian baru yang dengan mudah menular, termasuk kepada anak-anak,” jelasnya.

Anies mewanti-wanti orang tua tak membiarkan anaknya bermain di luar rumah. Dia meminta peran serta orang tua dalam menjamin kesehatan dan keselamatan anak masing-masing. “Saya berharap kepada keluarga di Jakarta lebih berhati-hati. Usahakan di rumah saja. Anak-anak biarkan bermain di rumah saja demi keselamatan semuanya,” jelasnya. Karena penanganan untuk anak-anak, tambah Anies, membutuhkan pendampingan orang dewasa sehingga muncul kompleksitas yang tidak sederhana.

Bagikan berita ini:
9
1
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar