Inspiratif… Isi Masa Pandemi dengan Pelihara Burung, Mahasiswa UNM Borong Segudang Prestasi

Selasa, 22 Juni 2021 19:20

Muh Asrul

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Namanya Muh Asrul. Pemuda yang masih berusia 22 tahun ini tidak tinggal diam di rumah. Apalagi berpangku tangan berharap uluran tangan orang lain.

Mahasiswa di Universitas Negeri Makassar (UNM) ini justru tetap produktif di tengah himpitan ekonomi, pada masa pandemi yang sudah berjalan dua tahun lamanya di Indonesia ini.

Sembari menunggu waktu kuliah yang dilakukan secara online, Asrul memilih menjadi pencinta burung merpati yang membuatnya bisa mendulang banyak prestasi. Selama setahun terakhir, dia menjadi pecinta satwa.

“Saya sudah setahun jadi pecinta burung ini. Awalnya juga karena hobi sejak kecil. Makanya saya beranikan diri merawat burung ini ini, dan saya bisa masuk ke sebuah komunitas seperti ini,” kata Asrul, Selasa (22/6/2021).

Segala kebutuhan makanan, vitamin, dan obat-obatan burung peliharaannya itu ia mampu penuhi. Kebanyakan berasal dari uang hasil ikut lomba balap burung merpati.

Alu’, sapaan akrab Asrul, bilang, proses perawatan hewan peliharaannya itu terbilang cukup mudah. Dia hanya perlu menyiapkan biji jagung dan air untuk makanan burung-burungnya itu setiap hari.

“Sehari saya kasih makan dua kali sehari. Termasuk juga untuk diberi obat atau vitamin jika diperlukan,” tambah Asrul, saat ditemui di rumahnya di Jalan Abdullah Daeng Sirua 1, Kota Makassar.

Kandang yang ia siapkan pun ia bangun tanpa harus membongkar sebagian kamar di rumahnya. Melainkan ia membangun kandang merpati itu di atap rumahnya, dan telah didesain sedemikian rupa agar burungnya itu tidak kepanasan dan pastinya aman.

Bagikan berita ini:
5
9
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar