Jika Presiden 2024 Dipilih MPR, Eks Jubir SBY: Presiden Bukan Lagi Milik Rakyat, Tapi Milik Sponsor!

Selasa, 22 Juni 2021 08:59

foto: Instagram Dino Patti Djalal

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Mantan Juru Bicara Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Dino Patti Djalal meminta publik ‘menelanjangi’ para wakil rakyat di Senayan atau DPR RI yang aktif mengusulkan agar presiden 2024 kembali dipilih MPR seperti yang terjadi zaman orde baru dulu.

Sejatinya Isu tersebut mencuat berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Direktur Komunikasi SMRC Ade Armando menjelaskan, sebanyak 84,3% responden ingin pilpres tetap dilakukan secara langsung oleh rakyat bukan lewat MPR.

Sementara sisanya 8,4% warga setuju presiden tidak dipilih langsung oleh rakyat, tapi dipilih oleh MPR. Temuan ini adalah respons masyarakat atas adanya keinginan kelomp tertentu untuk mengembalikan pasal-pasal tentang pola pemilihan presiden oleh parlemen yang dikenal sebelum amandemen UUD 1945 di masa awal reformasi.

Dino Patti Djalal menginginkan sebagian pihak yang getol mengusulkan ide itu sebaiknya nama-namanya diketahui publik.

“Anggota-anggota DPR yang kini aktif usulkan agar Presiden 2024 tidak lagi dipilih langsung oleh rakyat tapi kembali dipilih MPR seperti zaman Orde Baru seharusnya diketahui publik nama-namanya,” kata Dino dikutip dari cuitannya di Twitter, Selasa (22/6/2021).

Eks Wakil Menteri Luar Negeri itu meyakini suara-suara sumbang anggota DPR itu tidak mewakili pandangan rakyat konstituennya.

“Pemilihan Presiden oleh MPR (bukan lagi oleh rakyat) pasti akan kembalikan politik uang dan politik transaksional dalam demokrasi Indonesia, apalagi dengan maraknya kasus korupsi di DPR,” tegasnya.

Bagikan berita ini:
9
3
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar