JK dan Intuisi Pengambilan Keputusan Cepat dan Tepat, Banyak Belajar dari Orang Jepang

Selasa, 22 Juni 2021 15:26

Jusuf Kalla.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Founder Kalla Group, Jusuf Kalla berbagi inspirasi dan pengalaman secara langsung kepada seluruh karyawan dalam gelaran Kalla Talks, Senin (21/6/2021).

Mengusung tajuk The Art & Wisdom of Leadership, seluruh peserta sangat antusias memberikan pertanyaan kepada Jusuf Kalla, baik peserta yang mengikuti Kalla Talks secara offline di Saoraja Ballroom Wisma Kalla maupun peserta yang bergabung secara online di seluruh perusahaan Kalla Group.

JK, sapaan karibnya, banyak berbagi terkait bagaimana mengambil keputusan secara cepat dan tepat. Ia mengaku banyak berlajar dari orang Jepang. Jika berhadapan dengan mereka, pasti bawa kertas. Di kertas itulah, membuat pola dan matriks sederhana terkait perencanaan hingga kesimpulannya.

“Orang Jepang itu tidak pernah dengan tangan kosong kalau berbicara. Saya juga begitu, mesti ada kertas agar bisa dibikin simpel. Tidak lebih dari 1-2 lembar. Saya juga baru bisa bekerja dan lebih gampang menjelaskan kepada staf apabila ada tulisan. Inilah salah satu yang saya lakukan sebelum mengambil keputusan,” papar JK.

Tiap keputusan bagi Jusuf Kalla juga mesti memakai intuisi. Namun, intuisi yang berdasar dan memiliki hitungan. Minimal sudah ada jumlah investasi, dapat margin berapa, dan memiliki time schedule kapan.

“Saya pasti punya catatan kapan mulai, kapan jadinya. Harus dengan data-data, lalu mengambil kesimpulan bahwa ini yang saya pilih karena menghasilkan yang baik,” ungkapnya.

Bagikan berita ini:
9
10
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar