JK dan Intuisi Pengambilan Keputusan Cepat dan Tepat, Banyak Belajar dari Orang Jepang

Selasa, 22 Juni 2021 15:26

Jusuf Kalla.

Tiap keputusan bagi Jusuf Kalla juga mesti memakai intuisi. Namun, intuisi yang berdasar dan memiliki hitungan. Minimal sudah ada jumlah investasi, dapat margin berapa, dan memiliki time schedule kapan.

“Saya pasti punya catatan kapan mulai, kapan jadinya. Harus dengan data-data, lalu mengambil kesimpulan bahwa ini yang saya pilih karena menghasilkan yang baik,” ungkapnya.

Ia mengatakan, seorang pemimpin harus memiliki wawasan pengambilan keputusan yang kuat. Meskipun tak semua keputusan yang benar, kadang ada hal yang keliru. Mereka akan selalu diperhadapkan dengan risiko, sedangkan semua keputusan akhir itu ada pada tangan pemimpin.

“Karena selalu ada risiko besar untuk mendapatkan keuntungan yang besar. High risk, high gain. Tidak ada untung besar, risiko kecil. Tetapi, itu perlu perhitungan juga, jangan risiko melulu,” kata Wakil Presiden ke-10 dan 12 Republik Indonesia ini.

Jusuf Kalla juga mengungkapkan, salah satu ciri kepemimpinan yang baik adalah keterbukaan kepada bawahan. Sejak ia meniti karier dari pengusaha, direksi, menteri hingga Wakil Presiden selalu mendengarkan staf dengan cara selalu makan siang bersama.

Bagikan berita ini:
1
3
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar