JK dan Intuisi Pengambilan Keputusan Cepat dan Tepat, Banyak Belajar dari Orang Jepang

Selasa, 22 Juni 2021 15:26

Jusuf Kalla.

Tak hanya makan bersama, JK juga sering beribadah dan berolahraga bersama staf. Pada kesempatan itulah mereka bisa membahas dan mengusulkan apa saja.

“Anak buah akan hormat kepada kita ketika ada masalahnya, kita yang tanggung jawab. Jangan kalau baik, mengaku saya yang ambil keputusan. Tetapi kalau tidak baik, mengaku anak buah yang ambil keputusan. Kalau seperti itu, anak buah akan sulit respect kepada pemimpin,” ujarnya.

Menurutnya, pemimpin memang harus mengambil keputusan cepat dan tepat serta berani mengambil risiko. Tidak berani mengambil risiko, tidak akan mampu menjadi pemimpin yang baik. Sebelum membuat keputusan, juga tentu harus paham akan masalahnya. Untuk itu, harus banyak belajar.

Sampai sekarang, Jusuf Kalla pun masih terus belajar, bahkan dengan hal-hal yang sederhana, seperti dengan membaca buku minimal 10 halaman per hari.

“Saya merasa dalam pengambilan keputusan tidak ada yang sulit karena saya selalu hitung. Itulah mengapa muncul tagline lebih cepat lebih baik. Ini menjadi sebuah pedoman. Selama Anda mengambil keputusan dengan proses yang baik dan tanggung jawab, Anda tidak akan menemukan masalah,” tutur Ketua Palang Merah Indonesia ini. (endra/fajar)

Bagikan berita ini:
6
5
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar