Pasien Covid-19 Meninggal di Jalan Sebelum Sampai Rumah Sakit

Selasa, 22 Juni 2021 08:52

Petugas medis Malaysia membawa jenazah pasien Covid-19 untuk dimakamkan (AFP)

FAJAR.CO.ID — Malaysia melaporkan situasi yang semakin mengerikan yang terjadi pada pasien Covid-19. Rata-rata pasien meninggal dalam perjalan sebelum tiba di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Para ahli mengatakan hal ini mungkin karena varian virus Korona yang lebih baru dan lebih ganas, seperti varian Delta yang pertama kali diidentifikasi di India. Kondisi pasien mungkin memburuk lebih cepat karena varian baru.

Ketua Gugus Tugas Analisis dan Strategi Epidemiologi Covid-19 pemerintah Malaysia Profesor Awang Bulgiba Awang Mahmud, kepada The Straits Times mengatakan data Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa 370 korban diklasifikasikan meninggal saat dibawa ke rumah sakit pada 14 Juni. Lebih dari setengah dari jumlah itu atau 195 kasus terdaftar dalam empat minggu antara 14 Mei dan 14 Juni. Hanya 136 kasus yang dilaporkan seperti itu sepanjang tahun lalu.

Jumlah kematian Covid-19 secara keseluruhan juga melonjak, dari hanya 471 tahun lalu menjadi lebih dari 4 ribu saat ini. Karena pasien tersebut tidak dirawat di rumah sakit, kondisi mereka mungkin memburuk dengan cepat.

“Kami tidak memiliki laporan post-mortem tentang mereka, sehingga sulit untuk mengetahui penyebab kematian mereka dan surveilans genomik atau epidemiologis Malaysia rendah, sehingga kami tidak memiliki gambaran yang jelas tentang virulensi varian saat ini,” kata Prof Awang.

Bagikan berita ini:
4
5
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar