Beasiswa Berseliweran, Anak Didik Pemasyarakatan Juga Butuh

Rabu, 23 Juni 2021 21:58

IST

Oleh: Arman

(Pemerhati Andikpas Sulawesi Selatan)

Berjubel penawaran beasiswa kembali berseliweran di linimasa media sosial kita. penawaran yang memanjakan para peserta didik. Bisa kuliah di Universitas terbaik di dalam dan luar negeri, plus disokong dengan macam-macam tunjangan.

Namun dari sekian banyaknya penawaran tersebut, sepatutnya ada yang menaruh perhatian pada peserta didik di pemasyarakatan. Mereka juga butuh pendidikan yang baik walau sedang mendekam di balik jeruji. Tujuannya sederhana, untuk mengobati rohani dan mentalitasnya yang sedang sakit, ditambah keterampilan sederhana untuk bekal penghidupannya kelak.

Mereka adalah anak didik pemasyarakatan (Andikpas), seperti di sekolah, sesungguhnya mereka adalah peserta didik juga, hanya saja sekolahnya di luar dari biasanya. Hak-hak mereka dijamin oleh konstitusi negeri ini.

Ya, benar! salah mereka, berkonflik dengan hukum, itu perbuatannya. Namun coba tengok apa yang melatarbelakanginya, beragam kerumitan problem sosial yang dihadapi sebagai seorang anak, belum matang untuk mengambil keputusan. Pastinya, ada hak mereka yang tidak dipenuhi, ada kewajiban orang dewasa terhadap mereka yang tidak terlaksanakan, dan ada kealpaan peran instrumen negara kepada mereka.

Kehadiran negara diperlukan untuk menopang yang berprestasi, menyemangati yang biasa-biasa saja, dan memperbaiki yang gagal sebagai korban dinamika sosial kemasyarakatan.

Mereka kini mendekam di bilik terali besi LPKA (Lembaga Pembinaan Khusus Anak), mengisi masa pidananya masing masing. Perlu diingat bahwa di sini mereka bukan dihukum tapi dibina.

Bagikan berita ini:
1
8
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar