Isu Lockdown Mencuat, Sandi Uno Ancang-ancang Kucurkan Bansos

Rabu, 23 Juni 2021 17:56

Sandiaga Uno

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno telah menyiapkan sederet bantuan sosial jika kebijakan lockdown diberlakukan.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu ingin sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tetap bertahan sekalipun adanya kebijakan lockdown atau pembatasan akses keluar dan masuk suatu daerah.

“Kita akan genjot program-program intervensi seperti bantuan dana hibah pariwisata dan ekonomi kreatif, bantuan sosial, bantuan insentif, bantuan permodalan, bantuan likuiditas, dan dana pemulihan ekonomi nasional agar bisa membantu sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bertahan,” katanya dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (22/6/2021).

Melonjaknya angka penularan Covid-19 di sejumlah daerah utamanya di Pulau Jawa memunculkan wacana penguncian wilayah atau lockdown. Yang paling kencang didengungkan adalah wilayah DKI Jakarta dan Yogyakarta.

Misalnya di ibukota. Gubernur Anies Baswedan resmi menarik tuas rem darurat dengan memberlakukan pengetatan pada sejumlah aturan dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro.

Hal itu tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 796 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro yang diteken Anies pada 21 Juni lalu.

Isinya yakni menetapkan perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro selama 14 hari terhitung 22 Juni sampai 5 Juli 2021.

Sejalan dengan itu, sejumlah sektor wisata pun ditutup. Mulai dari museum, bioskop, salon, barbershop, tempat fitnes, bowling, billiard, hingga kolam renang.

Bagikan berita ini:
9
2
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar