Preview Portugal vs Prancis: Hindari Jalur Neraka

Rabu, 23 Juni 2021 15:00

Antoine Griezmann merayakan golnya/EFE

FAJAR.CO.ID, BUDAPEST—Prancis akan melakoni partai terakhir Grup F Piala Eropa 2020 menghadapi sang juara bertahan, Portugal, dini hari nanti. Sudah mengantongi tiket babak 16 besar, Prancis bisa mengatur strategi menghindari jalur neraka.

Seandainya bisa mengalahkan Portugal, Prancis dipastikan akan menjadi juara Grup F dan berada di jalur atas dalam skema sistem gugur. Di fase knockout pertama, mereka akan berhadapan dengan peringkat ketiga terbaik Grup A atau C.

Setelah itu, kalau bisa memenangi pertandingan tersebut, Les Bleus, julukan Prancis ditunggu pemenang duel runner up Grup D dan E di delapan besar. Runner up Grup D adalah Kroasia. Sementara runner up Grup E baru akan ditentukan dini hari nanti.

Nah, kalau Prancis menginginkan menghadapi lawan terberat setelah sampai di final, seharusnya sang pelatih, Didier Deschamps mempertimbangkan jalur bawah. Itu karena mereka akan terhindar dari Italia dan Belgia yang tampil luar biasa dan menjadi juara Grup A serta B.

Di jalur bawah sendiri, kekuatan relatif berimbang. Hingga malam tadi, negara yang sudah pasti berada di jalur ini hanya Inggris, Belanda, Wales, serta Denmark. Rival paling berat mungkin adalah Inggris dan Belanda.

Khusus Inggris, mereka tengah dihantui masalah Covid-19. Itu artinya The Three Lions bisa kehilangan sebagian pilar di babak 16 besar. Situasi itu jelas akan menggerus kekuatan mereka meski skuat asuhan Gareth Southgate masih punya keuntungan lain karena sebagai juara Grup D mereka akan bermain di Wembley Stadium. Dan kalau Prancis finis sebagai runner up, kedua negara akan bersua di fase knockout pertama ini.

Bagikan berita ini:
9
10
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar