75 Dokter di Surabaya Terpapar Covid-19, Seperti Ini Keluhannya

Kamis, 24 Juni 2021 20:32

Ilustrasi pelayanan pasien Covid-19 di RS Universitas Airlangga (RSUA), Surabaya (RSUA for Jawa Pos)

FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Sebanyak 75 dokter di Surabaya dinyatakan terpapar Covid-19. Sejak awal pandemi Covid-19, tiap hari pasti akan ada dokter yang terinfeksi Covid-19. Jumlahnya akan bertambah terus.

Hal itu diungkapkan Kepala Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Surabaya Brahmana. ”Saat ini ada 75 dokter IDI Surabaya yang sedang terpapar Covid-19,” tutur Brahmana ketika dihubungi pada Kamis (24/6).

Per Selasa (22/6), Brahmana mencatat 2 dokter meninggal dunia. ”Dari 75 kasus aktif Covid-19 tersebut, 17 dokter dirawat di RS dan 58 isolasi mandiri,” ujar Brahmana.

”Keluhan mereka ringan. Di antaranya nyeri otot dan batuk ringan. Itu isolasi mandiri. Yang 17 karena ada keluhan yang perlu observasi sehingga perlu masuk rumah sakit,” terang Brahmana.

Dokter yang terpapar sebagian besar bertugas untuk merawat pasien Covid-19. Dalam pengamatannya, lonjakan kasus di Surabaya turut berpengaruh besar pada jumlah dokter yang terpapar Covid-19.

”Jelas terpengaruh lonjakan kasus ini. Kalau sumbernya tinggi pasti kemungkinan terpapar juga semakin tinggi,” papar Brahmana.

Untuk itu, dia berharap agar di hulu atau sumber penularan bisa lebih diperhatikan untuk pencegahan dan kurangi mobilitas. Sebab, dia khawatir makin banyak dokter yang terpapar.

”Kalau dokter terpapar itu kan kualitas layanan kita untuk masyarakat bisa menurun. Alat kesehatan bisa dibeli karena banyak memberikan donasi banyak. Tapi tenaga atau SDM kan susah,” ucap Brahmana. (jpg/fajar)

Bagikan berita ini:
5
4
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar