Ini Ciri-ciri Pinjaman Online Ilegal yang Diburu Mabes Polri

Kamis, 24 Juni 2021 17:59

Ilustrasi pinjaman online (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Bareskrim Mabes Polri saat ini tengah memburu sebanyak tiga ribu pinjaman online ilegal, yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk membantu mengungkap itu, pihaknya menyampaikan ciri-ciri pinjaman online ilegal itu, yang saat ini masih beroperasi di seluruh Tanah Air, yang dianggap sangat merugikan masyarakat.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Zulpan, mengatakan, umumnya pihak pinjaman online ilegal ini seperti rentenir, atau orang yang mencari uang dengan memberikan piutang lalu meraup untung dari bunga hasil piutangnya itu ke nasabahnya.

Namun pada saat nasabahnya itu tidak mampu membayar utang, maka rentenir itu akan terus menagih namun dengan cara yang berlebih-lebihan dan merusak nama nasabahnya.

“Dia bersikap seperti rentenir dan memaksa masyarakat. Apabila tidak bisa membayar, (maka) membuka aib dari pada pinjaman korban (nasabah),” katanya, Kamis (24/6/2021).

Masyarakat yang merasa dirugikan pun bisa melapor ke aparat kepolisian, maupun ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai lembaga yang mengawasi setiap perusahaan pembiayaan di Indonesia.

Termasuk menindaki setiap pihak yang namanya tidak terdaftar di OJK, dan melakukan hal-hal yang dianggap sangat merugikan masyarakat.

“Terhadap pinjaman ilegal, tentu yang tidak terdaftar di OJK, itu banyak ini yang meresahkan masyarakat,” terang Zulpan, kepada wartawan.

Bagikan berita ini:
2
2
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar