Minimalisir Kriminalitas di Dunia Maya, Warga Sulsel Bisa Mengadu ke Sini

Kamis, 24 Juni 2021 20:30

IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Semakin canggihnya teknologi informasi dan komunikasi saat ini membuat masyarakat mesti dapat menyesuaikan.

Selain memberikan sejumlah manfaat kepada masyarakat, zaman yang serba canggih ini pun membuat masyarakat harus bisa lebih bijak, termasuk dalam meminimalisir ataupun menghindari segala bentuk kriminalitas di dunia maya.

Merespon hal tersebut, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Sulsel (Kominfo SP), Amson Padolo, menyampaikan materi Cerdas dan Bijak Dalam Menghadapi Konten Ilegal di Media Sosial, dalam agenda Literasi Media Digital yang digelar bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), di Hotel Four Point by Sheraton Kota Makassar, Kamis, (24/6/2021).

Ia menjelaskan, Undang-undang ITE berlaku untuk setiap orang yang melakukan perbuatan hukum, baik yang berada di wilayah Indonesia, maupun di luar Indonesia, yang memiliki akibat hukum di Indonesia. Termasuk di dalamnya terdapat pengaturan nama domain dan hak kekayaan intelektual.

Di Sulsel, kata Amson, sudah ada wadah jika ada masyarakat yang ingin mengadukan tentang konten situs negatif. Bisa melalui https://baruga.sulselprov.go.id atau https://www.lapor.go.id.

“Ada beberapa cara menyikapi dan menghindari cyberbullying. Laporkan pada server internet, sesekali menjauh dari gadget, ceritakan pada yang dipercaya, tidak usah ditanggapi atau blokir akun pengganggu,” ungkap Amson.

Mantan Penjabat Bupati Toraja Utara ini mengungkapkan, ada sejumlah tindakan kriminalitas di media sosial. Seperti, penyebaran berita hoax, ujaran kebencian, penyebaran konten SARA atau radikalisme, juga cyberbullying.

Bagikan berita ini:
4
3
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar