Berbahaya Namun Tampak Indah, Pusaran Angin Puting Beliung Hebohkan Warga Jeneponto

Jumat, 25 Juni 2021 17:37

Pusaran angin puting beliung yang menghebohkan warga.

FAJAR.CO.ID — Warga di Kabupaten Jeneponto kembali dibuat heboh. Ada pusaran angin puting beliung yang menjulang tinggi ke udara.

Pusaran itu terlihat dari hamparan sawah yang luas dan disaksikan langsung oleh sejumlah warga di kabupaten berjuluk Butta Turatea itu.

Pusaran angin puting beliung itu muncul bersamaan saat cuaca di sana sedang mendung. Suasana langit yang gelap, menambah kesan cuaca di sana sedang tidak bersahabat.

Forecaster BMKG Wilayah IV Makassar, Agussalim, mengatakan, peristiwa itu disebut sebagai water spout atau belalai air.

“Water spout merupakan fenomena yang hampir sama dengan puting beliung, yang membedakan hanya lokasi kejadiannya yaitu di daerah perairan,” katanya, Jumat (25/6/2021).

Sementara water spout itu sendiri terjadi akibat adanya pertumbuhan awan cumulonimbus atau biasa disebut sebagai kumpulan awan tebal, yang muncul di atas daerah perairan atau laut.

“Biasanya terbentuk karena adanya pertumbuhan awan cumulonimbus di atas perairan yang di dukung juga oleh perbedaan temperatur, tekanan serta angin sehingga jika memungkinkan, maka akan terbentuklah pusaran angin,” tambah Agus kepada wartawan.

Warga sekitar pun, maupun nelayan diimbau untuk tidak mendekati pusaran tersebut karena akan membahayakan diri mereka masing-masing.

Peristiwa serupa juga pernah terjadi di Kabupaten Pinrang belum lama ini, dan beredar luas di media sosial. Dalam video itu, warga justru mengabadikan pusaran itu dengan ponsel mereka.

Bagikan berita ini:
7
3
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar