Kembangkan Ekonomi, Konsumsi Pangan Lokal di Perhotelan Bakal Digenjot

Jumat, 25 Juni 2021 06:07

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pertumbuhan ekonomi di tengah pendemi COVID-19 menjadi salah satu perhatian pemerintah saat ini, termasuk di Sulawesi Selatan.

Badan Pusat Statistik mencatat, PDRB tahun 2020 secara nasional, sektor pertanian memberi 24,16 persen kontribusi dalam perbaikan ekonomi.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Sulawesi Selatan, Andi Ardin Tjahjo mengatakan, hal ini patut diapresiasi. Sehingga menurutnya perlu dikembangkan.

Untuk mewadahi itu, kata dia, produk kearifan lokal daerah bisa masuk ke market internasional salah satunya melalui hotel-hotel yang bekerjasama dengan Kementerian Pertanian, seperti Accor Group Hotel.

“Dimana Accor ini mempunyai ribuan hotel. Di Makassar ada lima. Kerjasama ini memungkinkan kita memasukkan bahan lokal. Di samping itu juga UMKM pangan kita bisa masuk ke hotel untuk dikonsumsi produknya,” katanya, Kamis, (24/6/2021).

Lebih lanjut kata dia, dengan kerjasama itu, bisa dilakukan promosi, tentunya lewat outlet yang ada di hotel. Apalagi ketika ada acara, pangan lokal menjadi diprioritaskan.

Hal ini kata Ardin bisa lebih efektif jika ada regulasi yang mengatur, misalnya Peraturan Gubernur yang dikeluarkan dari pemerintah provinsi.

“Kami di Dinas Pertanian berkomitmen untuk memfasilitasi. Kami mencarikan market kepada UMKM ataupun Petani. Mudah-mudahan lebih banyak lagi hotel yang bisa mengikuti ini. Kita akan meminta Pak Gub membuat Pergub agar bisa ada koordinasi dengan baik dengan hotel dan UMKM,” ujarnya.

Bagikan berita ini:
7
6
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar