Kesigapan Damkar, Brimob dan Basarnas Selamatkan Barang Kapal Terbakar di Bajoe

Jumat, 25 Juni 2021 12:32

FAJAR.CO.ID, BONE — Warga sekitar pelabuhan rakyat Bajoe dikejutkan dengan bunyi ledakan pada pukul 06.15 Wita. Suara ledakan itu bersumber dari Kapal Motor Mega Surya milik H. Hasyim (60) pada Jumat (25/6/2021).

Kapal itu diketahui akan berangkat menuju Kabupaten Bau-bau, Sulawesi Tenggara dengan membawa barang-barang kebutuhan pokok dan tabung gas elpiji.

Beruntung barang-barang tersebut berhasil diamankan setelah Damkar Bone, Tim SAR Batalyon C Pelopor, dan Basarnas sigap melakukan evakuasi. Barang-barang yang berhasil di evakuasi seperti tabung gas elpiji, kompor, perlengkapan sekolah, makanan ringan, kereta bayi, dan alat makan.

Barang tersebut ada yang sudah terbawa arus di perairan, dan berhasil diamankan melalui perahu dari Batalyon C Pelopor Bone. Terjun dengan Komandannya langsung.

Dalam kesaksian anak buah kapal (ABK), musibah ini berawal dari ledakan di kamar mesin kapal saat mereka tengah memompa air, tidak lama berselang api mulai muncul dan membakar seluruh bagian kapal yang terbuat dari kayu.

Akibat kejadian tersebut, 2 orang ABK kapal atas nama Ardi (40) warga Bajoe dan Masri (30) warga Kabupaten Bombana Sultra mengalami luka bakar di beberapa bagian tubuh dan kerugian akibat kebakaran ini ditafsir mencapai 1 Milyar Rupiah.

Komandan Batalyon Danyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kompol Nur Ichsan mengatakan, saat tim SAR Brimob tiba di lokasi kejadian, api sudah berhasil dipadamkan tapi masih ada beberapa barang yang masih berada di atas kapal, sehingga tim SAR langsung menurunkan 1 unit perahu untuk membantu proses evakuasi barang-barang yang masih dapat diselamatkan.

Bagikan berita ini:
2
3
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar