Pemilu 2024 Bakal Sengit, Musda Demokrat Sulsel Harus Menghasilkan Kuda-kuda Petarung

Jumat, 25 Juni 2021 19:43

Partai Demokrat Sulsel.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — DPP Partai Demokrat hingga saat ini belum menetapkan jadwal pasti Musyawarah Daerah (Musda) DPD Demokrat Sulsel.

Jelang suksesi kepemimpinan ini, sejumlah pihak menilai Demokrat perlu berbenah menjawab sejumlah tantangan ke depan.

Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Hasanuddin, Dr Hasrullah, mengurai sejumlah alasan mengapa Demokrat Sulsel perlu berbenah. Yang utama adalah besarnya tantangan kontestasi politik di level nasional mendatang.

“Pemilihan legislatif dan pemilihan presiden perlu menjadi fokus utama Demokrat dalam serangkaian musda daerah yang akan digelar nanti,” ujar Hasrullah, di Makassar, Jumat (25/6/2021).

Idealnya, apapun hasil suksesi pemimpin di sejumlah daerah, termasuk Sulsel, harus bisa memberi perubahan positif pada peta kekuatan internal Demokrat menatap pilpres dan pileg itu.

“Jika terkait pileg, maka Demokrat punya PR agar menghasilkan kekuatan baru lewat musda yang bisa memperbaiki kuantitas dan kualitas anggota DPR RI yang lolos,” kata Hasrullah.

Pada pileg 2019 lalu, Demokrat harus rela kehilangan 1 kursi di Senayan, 1 kursi DPRD Sulsel, dan puluhan kursi di kabupaten kota se-Sulsel. Di Sulsel, partai yang didirikan sejak 2001 oleh SBY Yudhoyono ini ketinggalan dibanding partai lebih muda lain seperti Nasdem (2011) dan Gerindra (2008). Padahal, Sulsel adalah barometer kekuatan politik Indonesia Timur.

Belum lagi, sambung Hasrullah, Demokrat ternyata menyiapkan calon presiden pada pilpres 2024 mendatang. Benang merah antara ancang-ancang menatap pilpres dengan suksesi di daerah mutlak pararel.

Bagikan berita ini:
10
7
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar