Plt Gubernur Sulsel Berkomitmen Kembalikan Predikat WTP

Jumat, 25 Juni 2021 09:34

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman telah berkomitmen untuk mengembalikan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP).

Pasalnya kata dia, selama sepuluh tahun berturut-turut pemprov mempertahankan status WTP. Namun, predikat itu kemudian sirna setelah BPK memberikan opini wajar dengan pengecualian (WDP) pada 28 Mei 2021 lalu.

Pencapaian itu kata dia, merupakan beban berat. Sehingga ia menegaskan perlunya sinergitas dalam mengembalikan status WTP di tahun berikutnya

“WTP pada pemeriksaan LKPD tahun anggaran telah dipertahankan berturut-turut selama sepuluh tahun merupakan beban berat dan tanggung jawab kita semua untuk mengembalikan WTP di tahun yang akan datang,” katanya, dalam Rapat Paripurna, Kamis, (24/6/2021).

Untuk mengembalikan itu kata Sudirman perlu melakukan pembenahan dalam penyelenggaran program di pemprov utamanya dalam pengelolaan keuangan.

“Terkait hal itu pemprov akan mengambil langkah pembenahan dan meningkatkan sistem pengawasan atas pelaksanaan program perencanaan, penatausahaan, sampai kepada pertanggungjawaban pengelolaan keuangan agar lebih tertib akuntabel,” imbuhnya.

Terpisah, Pengamat Tata Keuangan Negara Universitas Patria Artha (UPA) Bastian Lubis mengungkapkan, hal yang wajar ketika pemerintah provinsi ingin mengembalikan status WTP.

Upaya itu kata dia, memang sudah jelas terlihat sejak status WDP keluar. Namun, ia berharap dalam pelaksanaannya tidak ada tawar-menawar antara pihak pemprov dengan pihak Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Bagikan berita ini:
5
9
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar