Tingkat Hunian Wisma Atlet Capai 85 Persen, Kolonel Mintoro Sumego Bilang Ini

Jumat, 25 Juni 2021 20:19

Petugas mempersiapkan alat medis di RS Darurat Covid-19, kompleks Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta. Foto: ANTARA/Galih ...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tingkat hunian di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet masih dinilai mengkhawatirkan, apalagi dengan catatan pertambahan kasus virus Corona yang tinggi.

Tercatat, tingkat keterisian pasien di rumah sakit yang terletak di Kemayoran, Jakarta Pusat itu mencapai 85 persen per Jumat (25/6).

Hal itu seperti disampaikan Koordinator Humas RSDC Wisma Atlet Kolonel Mintoro Sumego yang disiarkan BNPB Indonesia di YouTube, Jumat ini.

“Tingkat hunian sudah 85 persen, sebetulnya mengerikan juga. Namun, kami tetap semangat (memberikan perawatan, red),” kata Sumego secara daring, Jumat.

Perwira menengah itu mengatakan, pihaknya memiliki siasat tertentu agar tidak terjadi penumpukan memasuki RSDC Wisma Atlet.

Misalnya, dengan mengandalkan pusat informasi atau call center. Nantinya, puskesmas akan menghubungi call center RSDC Wisma Atlet untuk meminta persetujuan bisa menerima pasien atau tidak.

“Bisa menghubungi call center dahulu, apakah dia dalam kondisi gejala sedang sampai berat atau ringan,” ucap alumnus Universitas Sebelas Maret Surakarta itu.

Menurut Sumego, RSDC Wisma Atlet saat ini hanya menerima pasien Covid-19 dengan gejala sedang dan berat.

“Kalau gejala ringan atau tanpa gejala nanti kami kondisikan di Nagrak,” ucapnya.

Menurut Sumego, saat ini sistem perawatan di RSDC Wisma Atlet berlangsung baik meskipun tingkat hunian cukup tinggi. Kekurangannya, kata dia, hanya soal jumlah ventilator yang belum sepadan jumlah menangani pasien.

Bagikan berita ini:
3
6
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar