BI: Ekonomi Sulsel 2021 Masih Berkutat di Fase Pemulihan

Sabtu, 26 Juni 2021 21:43

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Bank Indonesia mencatat pertumbuhan ekonomi Sulsel pada Triwulan I tahun 2021 masih mengalami kontraksi 0,21% (yoy), namun lebih baik dibandingkan TW IV 2020 yang terkontraksi 0,62 % (yoy).

Melanjutkan trend perbaikan tersebut, BI memprediksi ekonomi Sulsel pada Triwulan II 2021 dan secara keseluruhan tahun 2021 akan tumbuh positif meskipun tidak setinggi periode sebelum pandemi.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan, Budi Hanoto menyebut, dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tersebut ditopang oleh membaiknya kinerja lapangan usaha di sektor industri pengolahan, perdagangan besar dan eceran, serta penyediaan akomodasi, makan dan minum.

“Kinerja investasi baik PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) maupun PMA (Penanaman Modal Asing) juga membaik seiring dengan membaiknya kredit investasi yang juga tercatat mengalami perbaikan walaupun masih terbatas,” ujarnya di Hotel Four Points Makassar, Sabtu (26/6/2021).

Sedangkan dari sisi permintaan, lanjut Budi Hanoto, peningkatan diprediksi terjadi pada Konsumsi Rumah Tangga, Konsumsi Pemerintah dan LNPRT, Indeks Keyakinan Konsumen, Indeks Penjualan Riil, dan penyaluran kredit konsumsi yang meningkat pada April 2021.

Bagikan berita ini:
10
4
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar