Jadi Guru Mengaji di Kampung Mualaf Pinrang, Ini Dia Sosok Umar

Sabtu, 26 Juni 2021 20:25

Umar saat mengajar mengaji.

FAJAR.CO.ID, PINRANG — Namanya Umar. Usinya masih 26 tahun. Ya, dia masih tergolong sebagai anak muda yang bergelut di dunia pendidikan keagamaan.

Di usia emasnya itu, Umar menjadi tenaga pengajar di kampung Muallaf Makula, Kelurahan Betteng, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Sulsel.

Di sana, Umar mengaku kerja secara sukarela. Dia lebih mencari amal daripada materi.

“Mayoritas (anak muda) memilih untuk kerja dengan gaji dari pada membimbing masyarakat tidak dibayar. Saya hanya Ingin agar mereka tetap istiqamah, wafat dalam Islam, dan juga bisa menjadi saksi di hadapan Allah bahwa saya pernah mengajar agama Islam kepada mereka,” kata Umar, Sabtu (26/6/2021).

Umar menceritakan, awal mula dirinya mengabdi di kampung mualaf Makula karena diajak teman sebayanya. Saat itu ia hanya ingin jalan-jalan mencari hiburan saja.

Dia dan temannya itu tinggal selama tiga hari di kampung itu. Di sana, Umar sedih. Pengetahuan tentang agama di kampung itu sangat minim.

Dari situlah, hati Umar tergerak untuk menjadi tenaga pengajar di kawasan yang sulit diakses dan sulit terjangkau oleh sinyal internet.

“Mereka butuh pendampingan, butuh bimbingan terutama baca Al Quran. Hati saya tersentuh dan akhirnya memutuskan untuk tinggal dan mengabdi di sini,” jelas lulusan Pesantren Darul Hijroh Kabupaten Pinrang itu.

Bagikan berita ini:
9
1
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar