Luncurkan Sekolah Alam, Anggota Komisi X: Inovasi Era Pandemi

Sabtu, 26 Juni 2021 13:16

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Pendidikan menjadi salah satu sektor yang terdampak pandemi covid-19. Sistem pembelajaran mesti dilakukan secara online (daring) yang sudah berjalan sudah sekitar setahun.

Anggota Komisi X DPR RI Bidang Pendidikan, Mitra Fakhruddin MB mengatakan pandemi covid-19 memaksa semua sektor mesti melakukan inovasi. Termasuk di bidang pendidikan.

Menurutnya, pembelajaran daring yang sudah cukup lama ini dikhawatirkan bisa berdampak negatif bagi para siswa bila semakin lama tidak ada pertemuan tatap muka.

“Program Sekolah Alam di Kabupaten Enrekang yang sudah diluncurkan tentu menjadi salah satu jawaban. Sekolah Alam ini menjadi inovasi pendidikan di era pandemi. Pendidikan jangan stagnan,” ungkapnya, Sabtu (26/06/2021).

Legislator asal Dapil Sulsel III ini menuturkan, penerapan pembelajaran secara daring yang berkepanjangan akan menghambat tumbuh kembang anak. Juga ada risiko capaian pembelajaran anak akan semakin jauh tertinggal. Belum lagi kendala teknis seperti akses internet.

“Sekolah Alam ini juga karena ada desakan dan aspirasi dari orang tua siswa. Mereka tak ingin pendidikan anak mereka tak maksimal karena pendidikan tidak berjalan sebagaimana mestinya. Ini juga sesuai penjelasan para pakar pendidikan, sistem daring membuat siswa justru belajar lebih sedikit,” tuturnya.

Skema Sekolah Alam dengan penerapan belajar di luar ruangan (outdoor learning) membuat suasana belajar lebih seru dan menyenangkan. Aktivitas di tempat terbuka juga relatif lebih aman dari transmisi covid-19 ketimbang dilakukan di ruang tertutup.

Bagikan berita ini:
3
5
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar