Disebut Rusak Dimakan Bulan, Kelapa Kopyor Kian Digemari, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Minggu, 27 Juni 2021 13:04

Kelapa Kopyor. (Facebook Sahabat Kelapa Indonesia)

FAJAR.CO.ID — Kelapa rusak dimakan bulan. Demikian sebagian kecil masyarakat kita menyebut kelapa kopyor. Namun, kalimat itu tidak berlaku bagi penggemar es kelapa kopyor.

Biasanya di kota-kota besar di Jawa. Kopyor memang enak. Daging kelapanya lunak. Buahnya ringan, air kelapanya sangat sedikit.

Di Filipina, kopyor disebut Makapuno. Sangat digemari dan Filipina mengekspor sekitar 80 ribu butir tiap tahunnya. Nilainya sekitar Rp8 miliar. Padahal kopyor kita masih lebih bagus.

Selain memiliki nilai pasar yang tinggi, kelapa kopyor juga menawarkan berbagai khasiat manfaat bagi penikmatnya. Jenis kelapa yang genetiknya terdapat kelainan ini biasa disebut juga kelapa abnormal.

Pada ciri fisik luar memang sama dengan kelapa pada umumnya, yakni bulat dan berwarna hijau ketika masih muda dan berbuah bergerombol satu tandan.

Namun, ada ciri-ciri khusus dari kelapa kopyor ini. Yakni isi buahnya terpisah dari tempurungnya dan jumlah daging buahnya lebih banyak dan kadar air sedikit dibanding kelapa lain.

Sekarang kelapa kopyor banyak digemari oleh warga Indonesia, terutama untuk disajikan dalam bentuk minuman kelapa kopyor tersebut. Ditambah dengan tirisan potongan daging kopyor untuk mengisi minuman khas air kelapa.

Tidak hanya itu, buah kelapa juga sering dibuat sebagai ramuan bahan makanan, seperti pudding, parutan kelapa dan berbagai jenis makanan lainnya.

Bagikan berita ini:
9
7
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar