Kehilangan Nakes Wisma Atlet Pertama, Indonesia Kembali Berduka

Minggu, 27 Juni 2021 09:57

Ilustrasi: 1.500 relawan tenaga kesehatan hingga pasien yang berada di Wisma Atlet mengayunkan angklung dalam Peringatan...

FAJAR.CO.ID — Kabar duka datang dari tenaga kesehatan (nakes) Indonesia. Garda terdepan dalam melawan Pandemi Covid-19 kehilangan lagi salah satu pejuang terbaiknya. Adalah Liza Putri Noviana, tenaga kesehatan di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

Wanita kelahiran Surakarta tersebut dikenal sebagai nakes yang punya tanggung jawab tinggi. Liza gugur karena terserang Covid-19 pada Kamis (24/6). Dia menjadi nakes di Wisma Atlet sejak rumah sakit darurat itu berdiri awal pandemi Maret 2020.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji menjelaskan Liza masuk ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) sejak 3 Juni 2021 dan kesehatannya terus menurun. Angka saturasi oksigen Liza terus turun dan dia pun mengalami demam, sesak nafas, serta batuk berdahak. Liza sempat dirawat di ruangan HCU dan ICU, serta menggunakan ventilator, sebelum akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya. Liza menjadi nakes pertama Wisma Atlet yang gugur.

Data di Lapor Covid-19 menunjukkan, jumlah nakes yang meninggal karena Covid-19 hingga 22 Juni 2021 mencapai 974 orang. Sebagian besar nakes meninggal adalah dokter sebanyak 374 orang, perawat 311 orang, bidan 155 orang, disusul berbagai profesi nakes lainnya.

Wisma Atlet menggelar acara pelepasan jenazah Liza sebagai penghormatan atas jasa besarnya. Kemudian, dia dibawa ke Cilacap, Jawa Tengah, untuk dimakamkan. Upacara pelepasan jenazah dipimpin oleh Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji di Tower 1 Wisma Atlet pada malam.

Bagikan berita ini:
1
7
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar