Pertumbuhan Ekonomi Sulsel di Atas 5 Persen Diprediksi Sulit Tercapai

Minggu, 27 Juni 2021 22:01

ILUSTRASI. (int)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan secara keseluruhan pada tahun 2021 diprediksi akan tumbuh positif meskipun tidak setinggi periode sebelum pandemi.

Bahkan tahun ini ekonomi Sulsel masih berkutat di fase pemulihan dan diprakirakan akan tumbuh dalam kisaran 3,5-4,5 persen (yoy).

Pakar Ekonomi UIN Aluddin Makassar, Murtiadi Awaluddin memprediksi pertumbuhan ekonomi Sulsel di atas 5 persen akan sulit untuk dicapai.

Pertumbuhannya tertahan akibat sejumlah kebijakan yang membatasi aktivitas masyarakat, seperti larangan mudik, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro dan kasus penularan Covid-19 yang sulit diprediksi.

“Berbagai kegiatan yang membatasi aktivitas ekonomi masyarakat tentu akan menurunkan daya beli, sehingga sulit untuk mencapai pertumbuhan di atas 5%,” jelasnya, Minggu (27/6/2021).

Ekspektasi pertumbuhan ekonomi, kata dia hanya berkisar maksimal 4%, itupun perlu lebih didukung dengan kebijakan pemerintah yang bisa menaikkan daya beli.

“Tarulah seperti misalnya menurunkan tarif listrik, BBM, dan lain-lain, di luar apa yang diberlakukan saat ini,” tandasnya.

Kemudian faktor pendukung ke arah perbaikan ekonomi Sulsel lainnya adalah relaksasi pembatasan kegiatan rapat dan kedinasan, pencairan THR dan gaji ke-13 ASN yang dibayarkan untuk seluruh golongan serta penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN) diprakirakan menjadi penopang akselerasi konsumsi pemerintah.

Selain itu, pengukuhan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di Provinsi dan 24 Kabupaten/Kota turut mendukung kelancaran realisasi belanja.

Bagikan berita ini:
7
8
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar