Tingkatkan Ketahanan Pangan Peternak Sulsel, Celebes Global ACT Gelar Pelatihan Budidaya Maggot

Minggu, 27 Juni 2021 20:14

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Celebes Global Act (CEGAT) menggelar Pelatihan Maggot for Farmers yang bertemakan “Black Soldiers Fly (BSF) Farm for Sustainable Climate Action and Food Security” di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Selatan, Minggu (27/6/2021).

Pelatihan ini merupakan program inisiasi perkumpulan CEGAT dengan dukungan pendanaan dari Australian Volunteer Program, pemerintah Australia. Program yang dilaksanakan yaitu berupa pemberdayaan peternakan skala rumahan baik unggas maupun ikan melalui budidaya maggot BSF.

Salah satu rangkaian dari program pemberdayaan ini adalah pelatihan budidaya maggot BSF yang diikuti oleh 55 peternak unggas dan ikan yang berasal dari beberapa daerah di provinsi Sulawesi Selatan.

Pelatihan ini dilaksanakan selama satu hari bertempat di LPMP Sulawesi Selatan pada hari Minggu tanggal 27 Juni 2021 dengan penerapan protocol COVID-19 yang ketat.

Adapun tujuan dari pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan ketahanan pangan para peternak skala rumahan dalam mengembangkan usahanya. Dalam pelatihan ini, CEGAT Indonesia menggandeng komunitas Macca Organik sebagai praktisi yang telah menggeluti budidaya maggot untuk memberikan materi pelatihan, teori dan praktek.

Abdul Rahman, Founder CEGAT, mengemukakan bahwa ternak maggot BSF merupakan solusi alternatif dalam budidaya pakan bagi para peternak.

“Budidaya maggot BSF adalah solusi alternatif strategis dalam memecahkan dua masalah sekaligus. Pertama, permasalahan sampah organik yang mengancam lingkungan dapat ditekan dengan pemanfaatan lalat BSF sebagai biokonversi. Kedua, permasalahan makin tingginya biaya pakan yang dihadapi oleh para peternak skala rumahan dapat ditanggulangi dengan memanfaatkan larva (maggot) BSF sebagai pakan alternatif yang berprotein tinggi yang dapat meningkatkan ketahanan peternak dan masyarakat secara luas,” jelasnya.

Bagikan berita ini:
6
9
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar