Cegah Kerumunan, Lembaga Zakat Olah Daging Kurban Jadi Abon Sapi

Senin, 28 Juni 2021 21:54

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Sejumlah lembaga zakat yang biasa menerima hewan kurban mulai mengatur skenario penyembelihan serta distribusi daging kurban. Mereka mempertimbangkan upaya mencegah kerumunan untuk mematuhi protokol penyembelihan hewan kurban di tengah pandemi.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Agama (Kemenag) baru saja mengeluarkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan ibadah Idul Adha. Mulai kegiatan takbiran, salat Idul Adha, sampai pemotongan hewan kurban. Di antara ketentuannya adalah pemotongan hewan kurban tidak boleh dihadiri masyarakat. Kemudian, daging kurban didistribusikan ke penerima untuk mengurangi potensi kerumunan.

Lembaga zakat yang sudah bersiap menyambut Idul Adha antara lain adalah Inisiatif Zakat Indonesia (IZI). Direktur Utama IZI Wildhan Dewayana menyatakan, tahun ini untuk kali kedua Idul Adha di tengah pandemi Covid-19. Sehingga secara umum pelaksanaan pemotongan hewan serta pendistribusian daging kurban tahun ini sama seperti tahun lalu.

Wildhan mengatakan, dalam kegiatan penyembelihan hewan kurban, lembaganya menerapkan lima aman. Mulai aman untuk pekurban dan masyarakat karena tidak perlu berkerumun. Kemudian aman bagi pengelola, aman secara produk, hingga aman dari aspek syariat.

”Seperti tahun lalu, daging kurban kita olah menjadi abon sapi siap makan,” katanya kemarin (27/6). Wildhan mengungkapkan, tahun lalu terkumpul 1.604 pekurban. Hasilnya, sebanyak 14.758 paket abon disebar ke 18 provinsi. Menurut dia, ada banyak manfaat ketika daging kurban diolah menjadi abon sapi.

Bagikan berita ini:
5
3
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar