Mampu Deteksi Varian Baru Covid-19, Laboratorium Milik Pemkot Makassar Hampir Rampung

Senin, 28 Juni 2021 20:30

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar, Hadijah Iriani

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kota Makassar tengah mempersiapkan laboratorium baru di RSUD Daya. Laboratorium ini diproyeksikan mampu mendeteksi varian baru Covid-19.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar, Hadijah Iriani mengungkapkan pengerjaannya hampir rampung. Pihaknya sisa melengkapi alat-alat penunjang.

Laboratorium di RSUD Daya diklaim akan menjadi yang pertama mendeteksi varian baru untuk wilayah Makassar. Pasalnya selama ini deteksi varian baru hanya dilakukan di Litbangkes Jakarta.

“Sudah ada sebagian alatnya tapi tinggal diperbaiki saja laboratoriumnya di RSUD Daya,” kata Iriani, Senin (28/06/2021).

Nantinya, laboratorium tersebut bisa digunakan untuk mendeteksi varian baru COVID-19 yaitu B117 asal Inggris, B1351 asal Afrika Selatan dan varian baru asal India B1617.

“Itu kan harus memenuhi persyaratan. Dan ada kelengkapan alat yang masih diperlukan untuk mendeteksi empat varian itu,” jelasnya.

Untuk diketahui, terdapat empat varian baru yang tengah menyebar di beberapa negara termasuk Indonesia. Ialah Alpha, Beta, Delta, dan Delta Plus.

Selagi merampungkan laboratorium, Iriani mengingatkan masyakarat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Ia memandang hadirnya varian baru justru mengharuskan mereka lebih ketat menjaga prokes.

“Sudah seharusnya, apalagi seperti varian Delta yang dari India, itu sangat cepat menyebar,” tukasnya. (ikbal/fajar)

Bagikan berita ini:
7
2
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar