Guru Siap Lakukan PTM, Ketua PGRI: Kedepankan Prestasi, Pembelajaran Langsung Lebih Baik

Selasa, 29 Juni 2021 05:51

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–– Seluruh tenaga pendidik atau guru telah siap melakukan Pengajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah. Sebab, metode pembelajaran secara langsung dianggap membuat para peserta didik lebih baik dalam menyerap setiap pelajaran yang diberikan oleh para guru, dibandingkan dengan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

“Ketika kita bertemu dengan Presiden kita minta diprioritaskan membuka sekolah kembali. Oleh karena itu, sejak awal sudah mempersiapkan diri melakukan PTM,” kata Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rosyidi pada Diskusi Media (Dismed) Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang digelar secara virtual bertajuk “Mengejar Prestasi di Tengah Pandemi” pada Senin (28/06/2021).

Diakui, ketika menjalankan PJJ masih banyak guru yang terkendala dalam melakukan pengajaran kepada peserta didiknya.

Sejumlah kendala tersebut dari mulai desain kurikulum yang masih belum sepenuhnya dapat diterapkan oleh para peserta didik. PGRI menganggap perlu disederhanakan kembali kurikulum yang telah diterbitkan untuk menyelenggarakan kegiatanPJJ.

Kemudian, juga terdapat masalah teknis yang berkaitan dengan sistem manajemen pembelajaran yang menggunakan medium koneksi internet ketika melakukan kegiatan pengajaran di atas. Kuota internet masih menjadi permasalahan bagi para tenaga pendidik dalam menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar melalui medium aplikasi daring.

Alhasil, proses belajar mengajar yang dilakukan melalui altenatif daring pun menjadi kurang optimal. “Menyiapkan bahan kurikulum khusus yang bisa implementable daring dan sebagian besar itu belum bisa dijangkau dengan internet,”imbuhnya.

Bagikan berita ini:
6
4
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar