Terbongkar! DPRD di Lingkaran Cashback, Siapa Bermain?

Selasa, 29 Juni 2021 12:15

ILUSTRASI. CASHBACK

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Anggaran makan minum DPRD Makassar Rp22,5 miliar bisa jadi tak sepenuhnya terpakai. Sebab, diduga ada cashback yang mereka dapatkan.

Anggaran makan minum dibagi ke dalam lima item. Salah satunya, kegiatan Sosialisasi Penyebarluasan Produk Hukum Peraturan Daerah (Sosper), yang dilakukan oleh anggota DPRD. Jumlah kegiatannya 15 kali dalam satu tahun.

Untuk jumlah anggaran makan dan minum Sosper ini, DPRD menggelontorkan dana sebesar Rp14.310.000.000, dengan rincian Rp180.000 per orang. Target pesertanya 79.500.

Dengan begitu, setiap anggota DPRD harus menghadirkan 106 orang dalam satu kali sosialisasi peraturan daerah. Jika ditotal, masing-masing anggota DPRD harus menghadirkan 1.590 peserta dalam satu tahun.

Ini berarti setiap anggota dewan menghabiskan anggaran Sosper sebesar Rp28.620.000, hanya untuk pengadaan makan dan minum saja.Bahkan, pagu anggaran yang digelontorkan sebenarnya tidak habis sepenuhnya.

Sebab, setiap kali mereka menggelar kegiatan di hotel, pengakuan pihak hotel, selalu memberikan diskon atau pengembalian sejumlah uang (cashback).

Marketing Communication (Marcom) salah satu hotel yang ada di Makassar mengatakan, sudah sering anggota DPRD Makassar menggelar Sosper di tempatnya. Terkait harga, untuk setengah hari dengan fasilitas satu kali makan, normalnya berada di angka Rp180.000 per orang.

Akan tetapi, jika kegiatan yang dilakukan dalam jumlah banyak alias sering berkegiatan di hotel tersebut, pihak hotel memberikan diskon harga sesuai dengan paket tertentu.

Bagikan berita ini:
1
2
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar