Tes Fisik Terakhir Atlet PON Papua, Satgas PON: Sulsel Target 10 Besar

Selasa, 29 Juni 2021 16:20

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–KONI Propinsi Sulsel kembali menggelar tes fisik dan psikotes untuk atlet PON Papua kali ketiga. Tes yang diselenggarakan 3 hari sejak Selasa 29 Juni ini berakhir hari Kamis 1 Juli lusa di Kantor KONI Sulsel, Jl Sultan Hasanuddin No 42 Makassar. Tes fisik dan psikotes ini merupakan tes terakhir dari rangakain tes yang diselenggarakan sejak akhir tahun 2020 sebagai test pertama dan tes kedua dibulan maret.

Tes ini menjadi penentu bagi atlet yang akan diloloskan sebagai atlet yang membela Sulsel di ajang PON bulan Oktober tahun 2021 di provinsi Papua.

Tahapan tes fisik dan psikotes ini tak jauh berbeda dari tahapan tes sebelumnya dimana atlet menjalani test kesehatan diawal dengan memeriksakan kesehatan di ruang kesehatan oleh tim medis KONI sulsel meliputi indeks bahasa tubuh seperti pengukuran suhu tubuh, mengukur tekanana darah, berat dan tinggi badan. Usai itu, atlet menjalani tes kebugaran yang mengukur detak jantung dan denyut nadi menggunakan elektrodiagram. Tes diruang kesehatan ini diakhiri dengan pemeriksaan deformitas yakni mengukur kemampuan organ tubuh yang vital seperti lengan, siku, paha, lutut dan tungkai kaki.

Usai menjalani tes kesehatan dan psikotes, altet diwajibkan menjalani tes tambahan di lantai dua dengan vertical jump yang mengukur kekuatan kaki yang dinilai dari kemampuan lompatan, medicine ball dengan gerakan melempar dan menangkap bola yang bertujuan meningkatkan kecerdasan kinestika serta horizontal jump dan squat jump sebagai pengukur kekuatan otot perut, otot lengan, punggung dan lengan.

Bagikan berita ini:
7
9
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar