Urat Nadi Perekonomian Nasional, Pelabuhan Makassar Dorong Investasi Pengusaha Daerah

Selasa, 29 Juni 2021 17:25

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Bambang Gunawan.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Transportasi laut memiliki peran vital bagi negara kepulauan. Indonesia yang memiliki 17.000 pulau dan disatukan lautan yang luas, transportasi laut menjadi urat nadi bagi perekonomian Indonesia.

Mengingat sangat vitalnya transportasi bagi perekonomian, maka transpotasi laut harus dikembangkan dengan baik dan benar untuk menunjang pertumbuhan perekonomian.

Pengembangan pelabuhan memang menghadapi tantangan dari segi investasi dan geografis. Dari sisi investasi, memang masih ada keterbatasan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) serta kurangnya partisipasi swasta.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Bambang Gunawan mendorong para pengusaha di daerah khususnya di Indonesia timur untuk berinvestasi di pelabuhan, bagaimana mengembangkan investasi sehingga menciptakan peluang bisnis baru ke depan menjadi lebih baik.

Meskipun dunia usaha terdampak pandemi Covid-19 dengan segala pembatasannya, iklim bisnis jangan sampai anjlok. Segala peluang harus terus diciptakan demi terus berputarnya roda ekonomi.

Bambang memastikan, Otoritas Pelabuhan Utama Makassar berkomitmen terus memberi pelayanan yang memudahkan masuknya investasi di pelabuhan.

“Semua sistem digital telah kita gerakkan. Dengan adanya sistem inaportnet, kecepatan pelayanan kapal di pelabuhan dan penyederhanaan prosedur perizinan otomatis akan tercipta,” ucap Bambang Gunawan dalam gelaran FGD ‘Peluang dan Potensi Investasi Jasa Kepelabuhanan’ di Hotel Claro Makassar, Selasa (29/6/2021).

Di samping itu, pihaknya juga mendorong peran serta pemerintah daerah untuk lebih proaktif karena investasi dari daerah cukup banyak.

Bagikan berita ini:
1
1
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar