Ada 12 Pulau, Wisata Bahari Makassar Berpotensi Jika Digarap Serius

Rabu, 30 Juni 2021 14:23

Dermaga Poetere Makassar tampak dari udara. (Foto: Idham Ama/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Pariwisata bahari bisa menjadi pendorong kunjungan wisatawan ke Sulsel. Makassar, Bulukumba, dan Selayar benahi destinasinya.

Kepala Bidang Promosi Wisata Dinas Pariwisata Kota Makassar, Muhammad Roem, mengemukakan, Pemkot Makassar tengah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) terkait wisata bahari.

Roem berharap, 12 pulau di Makassar ini menjadi kawasan pariwisata strategis. Rencana pengembangannya pada 2022.

“Nanti beda-beda juga konsep tiap pulaunya,” kata Roem, beberapa waktu lalu.

Senada, Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Kota Makassar, Andika, menambahkan, destinasi wisata pulau ini tidakhanya mengunjungi pantai, tetapi akan ada destinasi seperti snorkeling dan wisata selam. “Pariwisata kepulauan ini sangat berpotensi apalagi kepulauan Makassar masuk dalam gugusan kepulauan spermonde,” ujarnya.

Berdasar penelusuran tim FAJAR belum lama ini, di Pulau Barrang Lompo misalnya, potensi pariwisata bahari cukup potensial.

Ketua Komunitas Sangkarrang Ocean Dive, Sahrul, menuturkan, dia bersama teman-temannya tengah membangun wisata selam bersama pemuda Barrang Lompo. Mahasiswa S2 Pascasarjana Manajemen Pesisir Teknologi Kelautan UMI ini sudah memiliki nama untuk wisata selam di sana.

Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, juga akan memoles kawasan wisata Pantai Bira dan sekitarnya. Prioritas utama adalah infrastruktur, kebersihan, dan air bersih. Muchtar juga berjanji memudahkan investor masuk ke Bulukumba.

“Makanya kita tata dulu infrastrukturnya untuk memancing masuknya investasi,” sebutnya.

Bagikan berita ini:
3
4
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar