Punya Bau Menyengat, Tak Disangka Daun Ketumbar Ampuh Tangkal 5 Penyakit Kronis Ini

Kamis, 1 Juli 2021 06:21

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Biasa sering ditemui di dapur, daun ketumbar terkadang tak banyak digunakan bahkan sering dibuang karenanya baunya yang cukup menyengat. Sebagian dimanfaatkan untuk penyedap rasa atau campuran olahan sayuran.

Namun siapa sangka, jika daun ketumbar rupanya telah lama digunakan sebagai pengobatan herbal untuk penyakit kronis. Hal ini karena daun ini mengandung karbohidrat, mineral dan senyawa aktif lainnya yang berguna untuk kesehatan.

Lalu, apa saja kandungan dan manfaat daun ketumbar yang bisa diperoleh? Berikut 5 ulasannya dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengontrol Diabetes

Daun ketumbar memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak akan menaikkan gula darah secara drastis ketika dimakan. Zat yang terkandung di dalam zatnya juga dianggap dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Selain itu, daun ketumbar dapat melindungi fungsi hati dan menurunkan kadar lemak darah yang sering kali menjadi pemicu pada penderita diabetes.

2. Menjaga Fungsi Otak

Selain aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, daun ketumbar juga dapat mengurangi peradangan berkat kandungan antioksidan yang tinggi. Khasiat ini bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif, yakni kemampuan dalam berpikir dan mengingat.

Dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan alami, seperti daun ketumbar dinilai mampu mencegah dan mengobati berbagai penyakit akibat penurunan fungsi kognitif, seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Bagikan berita ini:
5
7
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar