Varian Baru Covid-19 Menyebar di Sulsel? Ini Penjelasan Kadis Kesehatan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Sejumlah jenis varian baru seperti virus Apha, Beta, Delta dan Delta Plus yang berasal dari luar Indonesia telah diduga menyebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Penyebaran varian baru Covid-19 di Sulawesi Selatan utamanya di Kota Makassar telah dicurigai ketika adanya klaster pekerja proyek apartemen di Jalan Sudirman sejak beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Ichsan Mustari mengatakan, sejauh ini di Sulawesi Selatan belum ada ditemukan varian baru dari hasil pemeriksaan.

"Jenis varian baru di Sulsel belum ada. Karena pemeriksaan yang dilakukan tidak ada," katanya ketika dikonfirmasi, Kamis, (1/7/2021).

Ichsan mengungkapkan, untuk mengantisipasi adanya varian baru, pihaknya akan memperketat testing di bandara maupun di pelabuhan.

"Melakukan random sampling satu hari. Sekitar 50 pemeriksaan setiap hari kita lakukan. Lebih daripada untuk memastikan kembali," ujarnya.

Selain itu kata dia, masyarakat diharapkan tanpa terkecuali dapat menerapkan protokol kesehatan dan ikut vaksinasi.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengakui perkembangan Covid-19 di Sulsel utamanya di Makassar tidak boleh diremehkan.

"Sekarang mulai lagi bergerak karena banyak import case yang masuk. Bahkan beberapa yang dari kegiatan-kegiatan luar kemudian masuk ke sini kembali itu yang banyak terjadi," ujarnya. (selfi/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan