Agama Solusi Permasalahan yang Dihadapi Umat Manusia

Jumat, 2 Juli 2021 20:38

Ketua Yayasan Indonesia Damai Mengaji, Komjen Pol. (Purn). Dr. (H.C) Syafruddin, M.Si

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Semua agama yang ada di muka bumi, dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi umat manusia. Sebab, agama bukanlah sebagai sumber masalah, namun merupakan solusi dalam menyelesaikan masalah yang ada.

Demikian diutarakan Ketua Yayasan Indonesia Damai Mengaji, Komjen Pol. (Purn). Dr. (H.C) Syafruddin, M.Si saat membuka acara Webinar Kerukunan Bergama dan Berbangsa Ditinjau Dari al-Quran, al-Kitab, Wedha dan Tripitaka, Jumat (2/7/2021).

Diskusi menghadirkan tokoh-tokoh agama di Indonesia, antara lain Pdt. Brigjen TNI (Purn). Drs. Harsanto Adi S.M.M, M.Th, Assoc. Prof. Dr. Menachem Ali, Rm. FX. Wahyu Tri Wibowo, Pr Biksu Nyanabandhu Shakya (Dr. Bumansah, M.Pd), Prof. Dr.I Gede Itana, M.Sc, dan Ust. Das’ad Latif, Ph.D.

Menurut Syafruddin, kini datang masalah baru yang dihadapi umat beragama, yaitu pandemik covid-19 yang meletakkan kita di dalam suatu tatanan baru. Selain itu, tekhnologi yang kian maju pun menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa ini.

“Hal ini menjadi tantangan umat beragama untuk dapat fokus di dalamnya dan menemukan solusi. Ilmu dan teknologi jika tidak kita hadapi dengan pikiran jernih maka akan menimbulkan hal-hal yang negatif, seperti masalah konflik fisik,” ujar Syafruddin.

Ulama dan toloh-tokoh agama agar menjadi panutan dan menyampaikan pencerahan kepada umatnya masing-masing. Bagaimana menjadikan agama sebagai solusi masalah apapun di muka bumi ini.

Bagikan berita ini:
5
5
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar