Trio Transpuan Millen Cyrus Cs Suarakan Hak Asasi, Netizen Malah Cari Lucinta Luna

Jumat, 2 Juli 2021 11:37

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Di Indonesia maupun di berbagai belahan dunia, ada banyak lapisan yang perlu ditengok saat membahas “kita semua sama-sama manusia”. Hal ini disuarakan tiga transpuan tersohor tanah air, Millen Cyrus, Oscar Lawalata, dan Dena Rachman.

Ketiganya terlihat kompak menjalani sesi pemotretan. Berbalut kain ulos tiga transpuan ini tampil begitu anggun dan etnik.

Millen mengatakan, transpuan juga manusia. Jika seseorang bicara soal manusia maka perlu menengok berbagai aspek, antara lain ras, ekspresi maupun identitas gender, warna kulit, kelas sosial, usia, agama dan aliran kepercayaan, kewarganegaraan, orientasi seksual, status disabilitas, status pernikahan, pekerjaan, hingga pengalaman unik sebagai manusia.

Sayangnya kata dia, latar belakang yang beragam membuat kita terkadang sulit menerima perbedaan. Lalu muncul diskriminasi, ketimpangan, beragam bentuk kekerasan, hingga bentuk ketidakadilan lainnya.

Tanpa adanya keterbukaan atau kewajiban dalam menganggap keberagaman adalah suatu hal yang biasa.

“Semua itu dilalui, dipelajari, dievaluasi, dan dicarikan solusi bersama-sama. Dengan atau tanpa pertumpahan darah,” jelasnya di Instagram, dikutip pada Jumat (2/7/2021).

Pengalaman-pengalaman tersebut, cetus dia, yang membuat kita bisa menjadi manusia secara utuh, bersama dengan menghargai dan menjaga hak asasi, hak yang melekat pada diri setiap manusia sejak lahir.

“WE ARE HUMAN,” pungkas Millen.

Lantas bagaimana reaksi warganet menyaksikan potret cantik nan etnik tiga transpuan ini?

Bagikan berita ini:
2
6
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar