Buah Bit, Umbi Ungu Beragam Khasiat, Cegah Pikun Hingga Kesehatan Janin

Sabtu, 3 Juli 2021 21:04

Buah bit alias beetroot. (INT)

FAJAR.CO.ID — Di Indonesia, belum cukup banyak yang mengenal tanaman dari rumpun umbi-umbian satu ini. Meski begitu, tanaman ini lebih umum disebut dengan buah bit. Dalam bahasa Inggris disebut Beetroot.

Beetroot adalah tanaman umbi-umbian yang banyak digunakan untuk pengobatan alami. Dapat dikonsumsi dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, dijus, atau dimakan mentah pun sangat bisa.

Berderet nutrisi yang terkandung dalam bit tentu memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Apa saja manfaat “buah” bit? Berikut manfaat buah bit, seperti dikutip dari laman alodokter:

  • Menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung

Bit kaya akan nitrat. Dalam tubuh, zat ini akan berubah menjadi nitrit oksida yang berperan dalam penurunan tekanan darah. Bahkan, ada bukti yang menunjukkan bahwa jus bit mampu mengurangi tekanan darah, walau hanya sedikit. Beberapa penelitian sejauh ini menemukan bahwa pigmen merah betasianin dan antioksidan di dalam bit diduga memainkan peran dalam mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit jantung.

  • Mencegah pikun

Kandungan nitrit dalam bit juga diduga mampu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke tempat-tempat yang kekurangan oksigen. Minum jus bit diduga mampu meningkatkan aliran darah ke otak pada lansia dan melawan perkembangan gejala pikun.

  • Baik bagi penderita diabetes

Manfaat buah bit juga bisa dirasakan oleh penderita diabetes. Bit mengandung antioksidan asam alpha-lipoic yang diduga bisa mencegah kerusakan sel dan membantu menyembuhkan saraf yang rusak pada penderita diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa manfaat buah bit dalam memperbaiki kadar gula darah terlihat lebih signifikan pada mereka yang mengalami obesitas, dibandingkan mereka yang berat badannya ideal.

Bagikan berita ini:
10
6
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar