Deteksi Covid-19 hingga ke RT, Kerahkan 15.306 Orang Detektor

Sabtu, 3 Juli 2021 14:22

Satgas Detektor Makassar/ TAWAKKAL

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR – Pemkot Makassar akan menekan laju paparan Covid-19. Sasarannya tingkat Rukun Tetangga (RT). Tim detektor pun dikerahkan. Total 15.306 orang bergerak hingga ke tingkat RT.

Tim detektor ini resmi dilaunching di Lapangan Karebosi, Jumat, 2 Juni. Tim tersebut merupakan Satuan Tugas (Satgas) ketiga Kota Makassar. Sebelumnya ada Pengurai Kerumunan (Raika) dan Covid Hunter. Kerja ketiganya saling berentetan.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto menyebutkan, target Makassar zona hijau segera tercapai pada September. Pun jika mundur, maka Desember paling lama. “Ada target pesimis dan optimis. Kita punya target pesimis dan optimis. Pesimisnya Desember, Optimisnya September-Oktober,” tegas pria yang akrab disapa Danny itu usai kegiatan, Kemarin.

Tim yang dikerahkan ini, dua orang detektor yang bertugas di setiap RT. Itu berarti, dengan jumlah 5.000 RT, maka 10 ribu detector dikerahkan. Belum lagi, ditambah dengan satu orang tenaga kesehatan (nakes) yang mengoperasikan alat-alat kesehatan untuk mengukur kesehatan masyarakat melalui skrining.

Selain itu, tim detektor juga dilengkapi pula 306 dokter. Satu dokter setiap kelurahan. Sehingga keseluruhan jumlah tim detektor ini 15.306 orang. “Mereka menjaga, memonitoring sepanjang hari antara satu bulan pemeriksaan itu. Jadi betul-betul kita sekarang berperang di RT,” sebut Danny.

Satgas ini memiliki peran yang berbeda, jika menyangkutkan persoalan kesehatan, kata Danny, tim Covid Hunter yang datang, sementara menyangkut kerumunan diserahkan kepada Satgas Raika. Semuanya satu rangkaian. Tugas tim detektor lebih kepada skrining.

Bagikan berita ini:
5
8
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar