Inilah Rahasia Kebugaran Leluhur Orang Indonesia

Sabtu, 3 Juli 2021 10:27

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tersohornya rempah-rempah Indonesia di mata dunia sejak beberapa abad lalu menjadi bukti potensi besar wellness tourism di tanah air.

Tercatat pada 2015 hingga 2017 pasar wellness tourism di Asia Pasifik melonjak hingga 33%. Diprediksi angka ini akan terus bertambah seiring dengan berakhirnya pandemi Covid-19.

Pengembangan wellness tourism alias wisata kebugaran menjadi salah satu alternatif pariwisata yang mengombinasikan antara aspek wisata dan kesehatan.

Tren wisata kebugaran ini semakin meningkat dari waktu ke waktu. Berbeda dari wisata kesehatan, wellness tourism merujuk pada suatu perjalanan ke tempat-tempat tertentu dengan aktivitas utama yang berkaitan dengan kebugaran

Indonesia sendiri memiliki potensi besar untuk mengembangkan wellness tourism. Pasalnya, budaya di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari rempah dan ragam obat tradisional yang telah diwariskan turun-temurun.

Diperkirakan, setidaknya ada sekitar 7.000 jenis tanaman rempah dan herbal yang tumbuh di Indonesia. Selain kekayaan alam, kekayaan budaya juga menjadi penopang penting dari keberhasilan wisata kebugaran tanah air.

Nantinya potensi-potensi tersebut juga akan dikombinasikan dengan kecanggihan teknologi kesehatan.

Sejauh ini, ada tiga ragam kegiatan wellness tourism yang menjadi kebanggaan tanah air. Aktivitas ini menonjol karena jarang dimiliki oleh negara lain.

Jamu herbal

Budaya membuat jamu herbal dan berbagai pengobatan tradisional dapat menjadi salah satu daya tarik dalam wellness tourism. Indonesia memiliki berbagai macam jamu dengan bahan dan khasiat yang berbeda di tiap daerah. Nantinya para wisatawan akan diajak merasakan langsung pengalaman menikmati jamu-jamu herbal sekaligus melihat proses pembuatannya.

Bagikan berita ini:
6
2
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar