Skema Rekrutmen PPPK Guru, Tahap I Honorer, PPG Masuk Tahap II

  • Bagikan

"PPPK guru seleksinya dibuka sampai tiga kali, Agustus, Oktober dan Desember. Bila sudah lulus pada seleksi tahap pertama di bulan Agustus, tak perlu lagi ikut di tahap dua dan ketiga," bebernya.

Dia juga menegaskan, khusus seleksi tahap pertama, hanya bisa diikuti guru honorer yang masuk database THK2 BKN dan tercatat dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Para honorer ini diberikan kesempatan berulang kali untuk ikut seleksi. Bila tidak lulus pada tahap pertama, bisa mengikuti seleksi tahap dua dan tahap tiga.

Menurut Suherman, peserta selain honorer seperti lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) baru bisa mengikuti seleksi pada gelombang kedua yakni pada seleksi bulan Oktober. "Jadi seleksi tahap pertama, hanya diikuti guru honorer. Artinya, mereka akan bersaing sesama guru honorer. Tidak ada tambahan peserta. Teknisnya lebih detail nanti diatur Kemendikbud," jelasnya.

Ditegaskan Suherman, pendaftaran PPPK guru nanti data pelamarnya akan diteruskan ke sistem Kemendikbud. Nantinya Kemendikbud yang akan menyesuaikan jadwal seleksi dengan jumlah pelamar. Saat ini diakui Suherman, memang masih banyak instansi yang belum memverifikasi final.

"Instansi yang sudah verifikasi final formasi PPPK guru sedikit, baru 89 instansi yang mengklik final. Meskipun BKN sudah membuka pendaftaran di sistem. Dampaknya mungkin pengumumannya akan terlambat," tuturnya.

Kendati begitu, pihaknya meminta calon pelamar PPPK guru tidak perlu khawatir. Pihaknya terus berkomunikasi aktif dengan admin setiap instansi untuk mempercepat verifikasi final formasinya. Sistem BKN memang hanya akan menampikan instansi atau daerah yang sudah memverifikasi final formasi PPPK guru.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan