Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Ini Penjelasan Dokter Terkait Nutrisi Kelapa

Minggu, 4 Juli 2021 16:22

ILUSTRASI. Kelapa (int)

FAJAR.CO.ID — Demi meningkatkan daya tahan tubuh di tengah pandemi, berbagai upaya dilakukan oleh masyarakat. Sejumlah suplemen yang dianggap memiliki khasiat meningkatkan daya tahan tubuh diborong. Salah satunya, kelapa hijau.

Kelapa yang dikenal orang Bogor sebagai kelapa cupat beurem (kelapa cupat merah) itu, kini menjadi buruan masyarakat. Tingginya permintaan, membuat kelapa hijau mulai langka di pasaran.

Bahkan, harganya bisa naik 100 persen atau dua kali lipat. Seperti di kawasan Citeureup, harga kelapa hijau ukuran kecil yang biasa dibanderol Rp 10.000 per butir naik menjadi Rp20 ribu per butir.

Sedangkan, untuk ukuran besar yang biasa dibanderol Rp15.000 per butir, naik jadi Rp30.000 per butir.

“Iya, pasokanya lagi kurang, permintaan meningkat. Ini juga yang masih kecil terpaksa dipanen,” ujar Erwin pedagang Kelapa hijau di Citeureup kepada Radar Bogor, Minggu (4/7/2021).

Sementara itu, untuk harga kelapa muda biasa, tidak ada kenaikan. Harga kelapa muda biasa dibanderol dari harga Rp8.000 per butir.

“Paling mahal Rp10.000 perbutir. Normal kalau kelapa muda biasa,” tuturnya.

Masyarakat menilai, kelapa hijau sebagai suplemen penambah daya tahan tubuh itupun dibenarkan oleh Kepala UPT Puskesmas Citeureup, dr Nining Sunengsih.

Menurutnya, dalam satu butir kelapa mengandung Karbohidrat, Serat, Protein, Vitamin C, Mineral seperti magnesium, kalium, dan kalsium Antioksidan.

Bagikan berita ini:
7
4
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar