Bukan Ahli Kesehatan, Luhut Panjaitan Diminta Tahu Diri

  • Bagikan

"Pesan-pesan semacam ini dapat menyentuh masyarakat untuk secara sukarela mengikuti ajakan pemerintah mengatasi lonjakan kasus Covid-19," tutur Jamiluddin.

Ketiga, kata dia, Luhut Binsar Panjaitan yang ditunjuk sebagai koordinator PPKM Darurat di Jawa - Bali bukanlah orang yang kredibel di bidang kesehatan.

Oleh karena itu, Jamiluddin meminta agar Luhut tahu diri untuk tidak banyak bicara teknis kesehatan, khususnya yang berkaitan dengan Covid-19.

Dia justru menyarankan supaya Luhut melibatkan para pakar kesehatan dari Kementerian Kesehatan, IDI, dan perguruan tinggi.

Terakhir, koordinasi pusat dengan kepala daerah perlu dilakukan lebih intensif agar pelaksanaan PPKM Darurat dapat berjalan sesuai tujuan.

Sebagai koordinator, dia menyarankan supaya Luhut jangan terlalu banyak menggunakan kata perintah. Sebab, saat ini eranya otonomi daerah sehingga gubernur, bupati dan wali kota bukan bawahan Luhut.

"Luhut tak berhak perintah apalagi mengancam akan memecat pimpinan daerah bila tidak melaksanakan PPKM Darurat," pungkas Jamiluddin. (JPNN/fajar)

  • Bagikan