Menteri Penerangan Orde Baru, Harmoko Meninggal Dunia

Minggu, 4 Juli 2021 22:15

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Tanah air kembali berduka. Tokoh central orde baru yang juga Mantan Menteri Penerangan era Presiden Soeharto, Harmoko meninggal dunia pada Minggu (4/7/2021) malam pukul 20.22 WIB.

Harmoko menghembuskan nafas terakhir di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Kabar duka ini disampaikan Ananda Sukarlan, pendiri Yayasan Musik Sastra Indonesia (YMSI) yang juga pianis dan komponis asal Indonesia lewat keterangannya di akun Twitter pribadinya.

“Telah meninggal dunia Bpk. H. Harmoko bin Asmoprawiro pada hari Minggu 4 Juli jam 20:22 WIB di RSPAD Gatot Soebroto. Beliau adalah Mantan Menteri Penerangan zaman Soeharto. Rest in Peace, Bapak,” terang Ananda.

Ia juga menyebut, jenazah Harmoko rencananya akan disemayamkan di Rumah duka jalan Taman Patra XII no 14 Jakarta Selatan.

“Berita dari Ibu Harmoko,” tegasnya.

Selain pernah menjabat Menteri Penerangan Ri, Harmoko yang lahir di Patianrowo, Nganjuk, Jawa Timur, 7 Februari 1939 juga merupakan Ketua MPR pada masa pemerintahan BJ Habibie.

Dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia.

Sebagai menteri Penerangan, Harmoko mencetuskan gerakan Kelompencapir (Kelompok Pendengar, Pembaca dan Pirsawan) yang dimaksudkan sebagai alat untuk menyebarkan informasi dari pemerintah.

Harmoko pun dinilai berhasil memengaruhi hasil pemilihan umum (Pemilu) melalui apa yang disebut sebagai “Safari Ramadhan”.

Bagikan berita ini:
6
6
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar