Tanpa Vaksinasi, Tubuh Orang yang Tertular Bisa Jadi ‘Pabrik’ Varian Covid-19

  • Bagikan

“Setiap kali virus berubah, itu memberi virus platform yang berbeda untuk menambahkan lebih banyak mutasi. Sekarang kami memiliki virus yang menyebar lebih efisien,” ungkap Andrew.

Vaksin saat ini diyakini melindungi dengan baik terhadap semua varian sejauh ini, tetapi itu bisa saja berubah setiap saat. Itu sebabnya, dokter dan pejabat kesehatan masyarakat ingin lebih banyak orang divaksinasi.

“Semakin kita membiarkan virus menyebar, semakin besar peluang virus itu untuk berubah,” saran Organisasi Kesehatan Dunia bulan lalu.

Seorang dokter anak dan ahli imunologi di Boston College dr. Philip Landrigan menambahkan jika virus mencoba menginfeksi seseorang yang memiliki kekebalan, virus itu mungkin gagal, atau mungkin berhasil dan menyebabkan infeksi ringan atau tanpa gejala. Dalam hal ini, ia akan bereplikasi sebagai respons terhadap tekanan dari sistem kekebalan yang prima.

“Populasi orang yang tidak divaksinasi itu memberi virus perubahan tidak hanya untuk menyebar, tetapi juga untuk berubah. Yang dibutuhkan hanyalah satu mutasi pada satu orang,” kata dr Philip. (jpg)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan