Terumbu Karang Warna-warni Bawah Laut Takabonerate Bikin Diver Ketagihan

Minggu, 4 Juli 2021 16:29

FAJAR.CO.ID, SELAYAR — Pulau Karang Takabonerate merupakan destinasi wisata di Kabupaten Kepulauan Selayar, provinsi Sulawesi Selatan yang menawarkan barisan terumbu karang yang memukau dan berwarna warni.

Dengan luas mencapai 220.000 ha, pemerintah pusat pun menjadikan pulau ini sebagai kawasan Taman Nasional pada tahun 2001.

Di kedalaman lautnya yang jernih, tumbuh ribuan terumbu karang atol dengan warna-warni bak pelangi.

Dengan jumlah terumbu karang dan luas daerah yang ia miliki, ia pun menjadi daerah konservasi terumbu atol terbesar ketiga di dunia di belakang Kwajifein (Kep. Marshal) dan Suvadiva (Kep. Moldova).

Namun, di kelas Asia Tenggara, Takabonerate menjadi nomor wahid.

Ada 3 jenis terumbu karang yang tumbuh segar di Pulau Karang Takabonerate. Ketiga jenis karang itu ialah barrier reef atau karang penghalang, fringing reef atau karang tepi, dan atoll atau karang cincin.

Bahkan, keberagaman terumbu karang ini pun masih diperkaya dengan biota-biota laut yang juga hidup di sana, semisal padang lamun, alga, dan 300 lebih jenis ikan karang.

Belum lagi hamparan pasir putih bersih, air laut jernih dan pohon-pohon kelapa yang melambai di sepanjang bibir pantai.

Semua pesona alam tersebut pun seolah berkomposisi dalam satu kesatuan untuk membentuk satu kata, yakni keharmonisan. (dra/fajar)

Bagikan berita ini:
8
6
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar