Ekonomi Sulsel Terdampak PPKM Darurat

  • Bagikan


Dia tetap berharap sektor jasa distribusi tak terlalu terdampak atas PPKM Darurat. "Sektor ini sangat bergantung kepada daya beli dan perekonomian masyarakat. Apalagi untuk wilayah Jawa, yang tentu akan berimbas ke Sulsel," tambahnya.

Pada sektor penerbangan, dampak PPKM Darurat juga sudah mulai terasa. Saat ini, banyak penumpang yang mulai mengatur ulang jadwal penerbangannya. Kondisi ini lantaran ada kebijakan wajib vaksinasi untuk masuk ke wilayah Jawa dan Bali selama kebijakan pembatasan tersebut.


Ketua Airline Operators Committee (AOC) Bandara Sulhas Jumadil Aldillah mengatakan, pihaknya mengikuti kebijakan Surat Edaran (SE) Kemenhub 45 Tahun 2021. Salah satu yang dipersyaratkan adalah kewajiban vaksinasi yang memang dianggap sudah memenuhi kriteria.


Surat edaran tersebut mulai berlaku hari ini. Akibatnya banyak penumpang yang mulai penjadwalan ulang pemberangkatan, lantaran belum memenuhi syarat. "Sejauh ini belum ada pembatalan. Rata-rata mengevaluasi jadwal berangkatnya sembari menunggu vaksinasi," bebernya kepada FAJAR, kemarin.

Dengan kondisi seperti ini, dia mengakui, maskapai mulai mengevaluasi rute penerbangan khusus dari Makassar ke wilayah Jawa dan Bali. Padahal, intensitas penerbangan dari Bandara Sultan Hasanuddin ke dua pulau ini mendominasi.
"Pilihannya, harus ada pengurangan jumlah penerbangan. Edaran ini kan sampai 20 Juli. Itupun kita belum tahu, apakah lanjut atau tidak. Kami dari maskapai, juga harus taat pada peraturan yang dibuat oleh pemerintah," tambahnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan