Ekonomi Sulsel Terdampak PPKM Darurat

  • Bagikan


Mereka diberi ruang untuk tetap buka, tapi dengan metode take away (bawa pulang) atau pesan-antar. "Tetap buka, nanti kalau Satgas Raika datang tinggal memantau saja. Yang jelaskan tidak menciptakan kerumunan. Harusnya begitu agar tidak mematikan sektor UMKM," katanya.
Ia menyebut, saat ini sebanyak 500 lebih anggota Akumandiri Sulsel terdampak pandemi Covid-19.
"Sekitar 80 persen pelaku UMKM yang berkaitan langsung dengan pembatasan jam operasi itu kena dampaknya, penurunan omset bahkan ada yang merugi," kuncinya.

Imunitas

PPKM mikro di Makassar berakhir Senin, 5 Juli, hari ini. "Perpanjangannya bergantung Pemerintah Pusat," kata Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, kepada FAJAR, Minggu, 4 Juli.


Akan tetapi, kata Danny—sapaan Ramdhan Pomanto— bukan berarti menunjukan pemerintah pasrah dan tak memerhatikan pertumbuhan ekonomi. Dalam konsep pemulihan ekonomi saat ini di Makassar, yang diutamakan adalah imunitas kesehatan yang kuat.

Saat ini, proses vaksinasi untuk masyarakat umum terus berjalan di 47 Puskesmas. Ketersedian vaksin khusus Kota Makassar pun telah dijamin Pemerintah Pusat. "Namun, harus disadari betul bahwa ruang ekonomi akan kembali normal, jika masyarakat sehat dan disiplin dengan protokol kesehatan," tegasnya.


Membangkitkan kembali ekonomi dan menciptakan tambahan bangkitan ekonomi baru, kata Danny, strategi dan momen terbaik untuk me-resetting ekonomi makassar. Dukungan seluruh masyarakat sangat dibutuhkan melalui kegiatan tracing dan training ini. Kata Danny, saat ini memang diharuskan adanya hibridasi ekonomi.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan