Hadapi Pandemi, Faisal Basri Sarankan Jokowi Tiru SBY-JK Saat Tangani Tsunami Aceh

Senin, 5 Juli 2021 10:43

Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Faisal Basri-- jawa pos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Ekonom senior Faisal Basri menyarankan Presiden Joko Widodo untuk meniru penanganan bencana Tsunami Aceh tahun 2024 lalu untuk mengatasi pandemi Covid-19 saat ini.

Menurutnya sistem penanganan Tsunami Aceh adalah yang terbaik hingga saat ini. Bahkan mendapat pujian dari masyarakat internasional.

Diketahui, bencana Tsunami Aceh terjadi di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan wapres Jusuf Kalla (JK).

“Belajarlah dari sejarah penanganan tsunami Aceh. Komandannya jelas dan purnawaktu, juga para pembatu inti. Penanganan satu pintu. Ada rencana aksi yang jelas, tak gonta-ganti. Tak dengar ada kasus korupsi. Dipuji masyarakat internasional. Hasilnya membanggakan,” kata Faisal Basri dikutip Fajar.co.id di akun Twitternya @FaisalBasri, Senin (5/7/2021).

Saat itu, kata Faisal Basri semua stakeholder turun tangan membantu penanganan bencana dengan satu komando.

“Pemerintah, partai, masyarakat, LSM, organisasi keagamaan, dan uluran tangan dari luar negeri saling bahu-membahu, berbagi peran dengan sangat efektif,” ungkapnya.

Karena itu, dalam menghadapi pandemi Covid-19. Faisal Basri meminta pemerintah untuk mengedepankan data dan ilmu.

“Menghadapi pandemi sekarang pun niscaya kita bisa, asalkan pakai ilmu dan dengan data yang kredibel. Dengan pengorganisasian yang efektif. Serahkan pada ahlinya dan tidak nyambi,” pungkasnya.(msn/fajar)

Bagikan berita ini:
3
6
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar