Mantan Menteri Penerangan Berpulang, Harmoko Lekat dengan Ucapan ”Atas Petunjuk Bapak Presiden…”

Senin, 5 Juli 2021 15:24

HARMOKO (OKA BUDHI/AFP)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Meski duduk di atas kursi roda, Harmoko masih rajin menghadiri berbagai acara Partai Golkar. Dikenal dekat dengan Soeharto, tapi dia juga, dalam kapasitas sebagai ketua MPR dan atas desakan banyak pihak, yang turut meminta penguasa Orde Baru itu turun.

Yang tumbuh atau besar di era kepemimpinan Presiden Soeharto pasti akan selalu ingat kata-kata ini, ”atas petunjuk Bapak Presiden”. Atau, bagaimana sosok yang mengucapkan kalimat di atas muncul dalam laporan khusus selepas Dunia dalam Berita melaporkan harga bahan-bahan pokok.

Sosok yang sama pula, dalam kapasitas sebagai ketua MPR, atas desakan berbagai pihak, pada 1998 meminta Soeharto turun dari jabatannya. Padahal, sebelumnya dia dikenal sangat dekat dengan penguasa Orde Baru tersebut.

Tadi malam (4/7) sosok tersebut, Harmoko, berpulang. Mantan menteri penerangan itu mengembuskan napas terakhir di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, pukul 20.22.

Sebelum meninggal, mantan ketua umum Golkar kelahiran Patianrowo, Nganjuk, Jawa Timur, itu mulai sakit-sakitan sejak beberapa tahun lalu. Kondisi kesehatannya semakin menurun sejak Mei lalu. Mantan wartawan itu wafat dalam usia 82 tahun.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Nurul Arifin mengatakan, pihaknya berduka atas wafatnya Harmoko. Menurut dia, Harmoko adalah tokoh bangsa. Dia merupakan salah seorang kader terbaik yang pernah dimiliki Partai Golkar.

Bagikan berita ini:
1
6
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar